Monday, June 1, 2009

Masjid

Pertama : Mesjid adalah Baitullah atau rumah Allah ( An-Nur : 36 )
Allah pun berfirman “ RumahKu dimuka bumi adalah Mesjid, para kekasihKu adalah mereka yang memakmurkan rumahKu. Barang siapa yang ingin berjumpa denganKu hendaklah ia datang ke rumahKu, sungguh wajib bagi tuan rumah menghormati para tamunya.”.(Hadits Kutsi), karena itulah adzan bukan panggilan muadzin, tapi panggilan Allah Kekasih untuk para kekasihNya.

Kedua : Mesjid rumah Rasulullah s.a.w.
Ketika beliau sakit menjelang akhir hayat beliau, tatkala mendengar azan Bilal, beliau berkata kepada Saidah Aisyah R.A, antarkan aku ke rumahku!, Saidah Aisyah keheranan dan seraya bertanya “ bukankah ini rumah engkau wahai kekasih Allah?”, Rasulullah menjawab, “tidak, rumahku adalah Mesjid”. Kesempatan lainpun beliau bersabda : “ Seandainya ummatku mengetahui keutamaan sholat berjamaah di Mesjid merangkakpun mereka tetap sholat berjamaah di Mesjid” (Muttafaqun ‘Alaiha).

Ketiga : Mesjid rumah Malaikat-malaikat Allah.
Istana saja ada penjaganya apalagi Mesjid, para Malaikat itu mendo’akan dan mengaminkan do’a mereka yang memakmurkan Mesjid ( H.R.Ahmad ).

Keempat : Mesjid adalah rumah orang-orang mukmin.
Setiap makhluk ada rumahnya, dan rumah orang beriman adalah Mesjid. Simak dengan keimanan surat At-Taubah ayat 18 : “ Sesungguhnya hanya hamba Allah yang benar-benar beriman kepada Allah dan benar-benar beriman pada Hari Akhirat, merekalah yang memakmurkan Mesjid-mesjid Allah…”. Sungguh mereka yang telah mendapat hidayah iman, walaupun rumahnya jauh dari Mesjid, gelap, dingin-dingin disertai hujan turun lebat tetap mereka berjamaah di Mesjid, tetapi kalau tidak mendapat hidayah iman,walaupun rumahnya dekat dengan Mesjid ia tetap saja tidak berjamaah di Mesjid.

Para sahabatpun dapat mengetahui orang-orang munafik diwaktu Subuh, karena orang-orang munafik sangat berat sholat berjamaah di Mesjid terutama diwaktu Subuh ( H.R. Bukhari ).
Dengan demikian tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berjamaah di Mesjid, mari kita jadikan setiap bulan – bulan Ramadhan bulan memakmurkan Mesjid.

No comments: